Kenali 10 Jenis Jerawat dan Cara Mengatasinya

Jenis Jerawat – Jerawat merupakan munsuh bagi banyak orang. Mengapa hal itu bisa terjadi, karena jerwat dapat menggangu penampilan dan bisa menurunkan rasa percaya diri.

jenis jerawat
*Gambar https://www.google.com

Meski dengan berbagai cara dilakukan untuk menyingkirkan, tapi jerawat tetap saja muncul.

Lalu yang harus dilakukan untuk mengatasinya bagaimana? Sebenarnya, ada banyak jenis jerawat dan setiap jerawa memiliki cara mengatasinya.

Akan tetapi untuk mengatasi jerawat ada dua langkah, yaitu dengan menggunakan bahan alami atau menggunakan produk penghilang jerawat.

Setiap bahan alami yang digunakan untuk mengatasi, memang danpak atau keberhasilannya berbeda. Sama seperti produk perawatan wajah berjerawat.

Merk atau produk untuk membasmi memang akan berbeda – beda pada keberhasilannya. Dan gak semua produk bisa membasmi semua jenis jerawat, tapi tidak menutup kemungkinan ada obat jerawat bisa mengatasi segala jenis jerawat.



Advertisement

Kembali pada pokok pembahasan, jerawat yang timbul juga dikarena faktor yang berbeda juga. Selaain itu, penangannya juga berbeda. Maka dari itu MocooID akan memberi info jenis jerawat dan cara mengatasinya. Yuk baca hingga selesai, agak kamu tau jenis jerawat apa yang sedang kamu hadapi dan bagaimana cara mengatasinya.

Berikut Jensi jerawat serta cara mengatasinya

1. Jerawat Whitehead

jenis - jenis jerawat
*Gambar https://www.google.com

Dokter kulit yang bernama Jol Schlessinger telah memaparkan, whitehead merupakan jenis jerawat yang mudah dikenal atau di tebak.

Penumbuh Rambut, Green Angelica

Jenis jerawat yang satu ini muncul disaat lapisan kulit menutupi pori – pori bersamaan sel kulit mati atau kotoran pada wajah. Lalu perlahan – lahan, pori – pori yang tertutup dengan kotoran tapi menjadi gumpalan berwarna putih.

Janis jerawat Whitehead ini biasanya disebabkan oleh beberapa faktor. Akan tetapi, yang paling umum biasanya disebabkan oleh sel kulit mati, minyak yang berlebihan pada wajah dan perubahan hormon.

Perlu di ketahi, Jangan sekali – kali untuk memencet jerawat jenis whitehead, karena hal ini menjadikan bakteri penyebab wajah berjerawat akan menyebar dan bisa menumbulkan jaringan parut kata Schlessinger.

Cara untuk mengatasi jerawat yang satu ini atau mencegah, kamu harus menjaga wajah dari bakteri serta dari minyak yang berlebihan. Rata – rata jerawat yang satu ini akan hilang dengan sendirinya kurung waktu sekitar dua hingga empat minggu.

Namun, jika kamu ingin mempercepat jerawat jenis ini hilang, maka kamu harus mencuci wajah di pagi hari dan malam hari dengan sabun yang memiliki kandingan asam glikolat dan salisilat. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan produk perawatan wajah berjerawat yang mengandung nicotinic adic.

 

2. Jerawat Blackhead

Jenis Jerawat Blackhead
*Gambar https://www.123RF.com

Yang telah dipaparkan oleh dokter kulit Schlessinger, jerawat yang satu ini sama seperti whitehead.

Tapi pada umumnya jerawat Blackhead ini disebabkan oleh produksi minyak yang berlebih dikarenakan perubahan hormon.

Untuk mengatasinya kamu bisa menggunakan produk penghilang komedo, dipasaran sudah banyak produk pembasmi komedo.

Biasnya untuk mengatasinya meggunakan produk yang mengandung Retinoid. Karena retinoid ini akan membantu mendorong pergantian sel. Selain itu juga mencegah pori – pori tersumbat oleh sel kulit mati dan minyak.

3. Jerawat di zona T

Jenis Jerawat di zona T
*Gambar https://www.dreamstime.com

Mengapa jenis jerawat yang satu ini di sebut dengan zona T, karena umumnya jerawat ini cendrung muncul didaerah hidung, dagu dan dahi dan hal ini seperti bentuk T.



Advertisement

Jerawat yang satu ini umumnya disebabkan oleh polusi udara dan menjadikan jerawat merah dan whitehead.

Untuk membasmi jerawat yang satu ini kamu bisa menggunakan produk yang mengandung Salycilic acid, asam salisilat, dan retinoid.

4. Jerawat hormonal

Jenis Jerawat hormonal
*Gambar https://www.medicalnewstoday.com/

Menurut Engelman, jerawat yang satu ini muncul dikarena wajah kelebihan minyak yang dihasilkan oleh hormon, hal ini menyebabkan penumpukan dan pori-pori tersumbat, hingga menimbulkan jerawat.

Selain itu, penyabab lainnya yaitu pil kontrasepsi. Sebagai alternatif, kamu bisa menggunakan co-cyprindiol serta acid. Dimana hal ini yang bisa digunakan perawatan hormonal untuk membasmi jerawat yang lebih parah. Karena jenis jerawat ini tak mempan dengan antibiotik.

 



Advertisement

5. Jerawat Pustula

jenis Jerawat Pustula
*Gambar https://br.depositphotos.com

Pustula merupakan benjolan berisi nanah, hal ini dikarenakan hasil dari infeksi bakteri di pori-pori.

Menurut Schelessinger, tingkat keparahan pada jerawat jenis yang satu ini sangat bervariasi.

Macam – macam jenis atau variasi tergantung berapa banyak serta seberapa cepat jerawat terbentuk.

Jenis jerawat yang satu ini bisa di obati dengan produk yang mengandung Salycilic acid dan benzoyl peroxide.

 



Advertisement

6. Jerawat Papula

serum penghilang jerawat
*Gambar https://www.healthyworld101.com

Jenis jerawat yang satu ini biasanya berbentuk benjolan kecil dan berwarna merah. Biasanya jerawa Papula ini akan memberikan rasa sakit.

Untungnya jenis jerawat yang satu ini dapat di obati dengan produk seperti serum penghilang jerawat, kalau bisa serum yang akan kamu gunakan mengandung Salycilic acid serta benzoyl peroxide.

Karena ekstra bahan tersebut sangat cepat untuk mengatasi jerawat, dan kedua bahan tadi banyak ditemukan pada produk obat jerawat yang bagus.

 

7. Jerawat kistik

cara mengatasi jerawat
*Gambar https://www.google.com

Jerawat yang satu ini biasanya terjadi di bawah permukaan kulit dan rasanya sangat sakit. Jerawat ini disebabkan oleh adanya penyumbatan pada pori – pori oleh minyak dan sel kulit mati.

Selain itu, jerawat ini terinfeksi oleh bakteri atau kotoran yang masuk kedalam kulit. Bentunya yang berupa benjolan dan berwarna merah dan berisi cairan.

Menurutt Schlessinger, jenis jerawat kistik ini umumnya terjadi pada remaja. Selain itu, jenis jerawat yang satu ini juga akan terjadi pada segala usia.

Walaupun semua usia terserang dengan jerawat ini, tapi lebih banyak terjadi pada usia muda.

Untuk mengatasi jerawat jenis kistik ini, direkomendasikan kamu harus pergi kedokter kulit.

Atau kamu bisa menggunakan bahan alami dan menggunakan produk yang dimana bahannya sesuai dengan pengobatan dari dokter.

Contohnya kamu bisa menggunakan produk yang menggunakan Niacinamide atau isotretinoin.

 

8. Jerawat fulminans

penghilang jerawat paling bagus
*Gambar https://www.rd.com

Dokter kulit dari New York City yang bernaman Melissa Kanchanapoomi Levin, mengatakan bahwa jenis jerawat yang satu ini merupakan jerawat yang susah di atasi.

Selain itu, ia juga mengatakan bahwa fulminans ini akan lebih banyak menyerang lelaki usia remaja.

Jerawat yang ini biasanya disertai radang dan plak, serta umumnya muncul pada punggung, wajah dan dada.

Penyebab jerawat jeniss ini biasanya ada tanda – tanda sistemik seperti demam, sel darah putih meningkat, nyeri otot, nyeri sendi, dan keterlibatan tulang.

untuk mengatasinya, lebih baik berkonsultasi ke dokter. Atau kamu bisa mencari produk yang mengandung isotretinoin, Niacinamide dan steroid sistemik oral.

 

9. Jerawat Nodul

rekomendasi obat jerawat
*Gambar https://www.verywellhealth.com

Seperti jerawat kistik, jensi nodul ini merupakan jerawat yang direkomendasikan bertanya pada dokter kulit.

Jerawat yang satu ini tidak mudah hilang dan akan ada hingga berminggu – minggu bahkan bisa berbulan – bulan. Jika kamu tidak segera mengatasinya dengan cepat kata Schlessinger.

Jerawat jenis Nodul ini tak berwarna bahkan warnya hampir sama dengan kulit, jika mengalami peradangan jerawat ini akan beruba menjadi kemerahan.

Untuk mengatasi jenis jerawat Nodul ini kamu bisa berkonsultasi ke dokter kulit. Atau kamu bisa menggunakan produk yang mengandung vitamin B13 atau menggunakan perawatan topikal.

10. Jerawat mechanica

obat jerawat
*Gambar https://www.google.com

Lily Talakoub merupakan ahli di bidang dermatologi mengatakan bahwa jenis jerawat yang satu ini diakibatkan oleh gesekan dan sinar matahari yang panas.

Selain itu, adanya tekanan pada kulit bisa memicu wajah berjerawat dan wajah kelebihan minyak juga menjadi pemicu munculnya jerawat mechanica.

Menurut Talakoub, jerawat jenis ini umumnya terjadi pada atlet. Untuk mencegah Jerawat mechanica ini biasakan setelah berolahraga atau berkeringan segera mandi.

Selain itu, penyebab muculnya jerawat pada jenis ini jangan terlalu lama menggunakan pakaian yang ketat setelah berkeringat.

Jika kamu sudah terserang jerawat yang satu ini maka kamu bisa menggunakan serum penghilang jerawat yang mengandung Niacinamide.

Nah itulah, jenis jerawat dan bagaimana cara mengatasinya

Semoga artikel cara mengatasi jerawat dan jenisnya memberi manfaat untuk kamu. Dan jika ada yang kurang pada konten ini maka jangan sungkan untuk memberi masukan, dengan cara mengirim email di idmocoo[at]gmail[dot]com.

Jangan lupa share artikel ini di facebook, whatsapp, line, twitter dan sosial media yang kamu punya. Terima kasih 🙂 .

Baca Juga

  • jenis jenis jerawat
  • jenis jerawat dan cara mengatasinya
  • jerawat
  • macam jerwat
  • perbedaan black head dan jerawat batu