Cara Tingkatkan Skor Performa Toko di Tokopedia

Cara Tingkatkan Skor Performa Toko – Halo, agan dan sista. Apakah sekarang ini Anda jualan online di e commerce Tokopedia? Jika iya, bagaimana agar toko semakin dipercaya oleh pembeli? Nih, gan dan sista MocooID akan memberi sedikit tips cara toko Anda di Tokopedi dipercaya oleh konsumen.

Power Merchant,Tokopedia,Tingkatkan Skor Performa,Skor Performa Toko
Sumber Gambar: https://www.tokopedia.com

Artikel ini diambil bedasarkan pengalaman oleh salah satu author MocooID yang jualan produk kencantikan. Selain itu, artikel ini bersumber langsung dari Tokopedia. Yuk, kita mulai. Jika toko Anda memiliki skor 75 poin, maka Anda bisa berkesempatan untuk menjadi Power Merchant.

Nah, bagaimana sih daftar sebagai Power Merchant di Tokopedia. Tenang saja, jangan bingun dan pusing 🙂 . Sebelum masuk untuk mendafta sebagai Power Merchant maka Anda sebaiknya harus mengetahui apa yang dinamanakan skor performa toko.

Apa Itu, Skor Performa Toko?

Skor Performa Toko ialah skor penilaian dari pelayanan tokomu yang sudah ditentukan berdasarkan beberapa indikator – indikator tertentu dengan rentang skor 1 hingga100. Bagi seller yang masih baru mulai jualan di tokopedia. Maka, skor awal dimulai dari 80.

Skor Performa pada toko akan bertambah dan juga bisa berkurang sesuai dengan kualitas toko pada saat Anda melayani pembeli. Hal ini, akan diperbaruhi setiap minggu pada hari Senin sekitar pukul 09.00 WIB. Untuk mngetahui toko Anda memiliki performa skor berapa, maka kamu bisa melihat via aplikasi maupun dekstop.



Advertisement

Nah, jika skor toko Anda memiliki performa minimum 75. Maka Anda berkesempatan untuk menjadi power merchant di tokopedia. Klik ===> Upgrade jadi Power Merchant.

Berikut Cara Meningkatkan Skor Performa Toko:

1. Upload KTP untuk Verifikasi Toko Anda

Dapatkan poin tambahan setelah berhasil verifikasi KTP dan foto diri dengan KTP. Pelajari langkah-langkah verifikasi toko di sini. Klik ===> Cara verifikasi akun toko.

2. Balas chat dari pembeli kurang dari 6 jam sejak chat diterima

Agar skor Performa Toko Anda tidak turun, maka segeralah untuk membalas semua chat dari pembeli dalam waktu kurang dari 6 jam sejak konsumen baru chat dan Anda terima.

3. Balas chat dari pembeli tidak kurang dari 80%

Dari total seluruh dari chat, Persentase yang Anda balas chat dari pembeli diukur seberapa aktif membalas chat. Contohnya: kamu Anda menerima chat dari 100 pembeli dan Anda sudah membalas chat ke 90 pembeli. Maka, tingkat pesan atau chat Anda adalah sebesar 90%.

Perhatikan hal berikut saat membalas chat pembeli:

  • Pastikan tidak lupa untuk menutup toko jika Anda sedang libur atau sudah tidak beroperasional. Dengan begitu, tidak akan ada chat dari pembeli yang masuk.
  • Fitur “Balasan Otomatis” tidak diperhitungkan ke dalam membalas kecepatan maupun tingkat keaktifanmu dalam membalas chat. Jadi, maka pastikan membalas chat secara manual.
  • Setiap chat dari pembeli tidak terbalas maka akan dihitung sebagai chat yang tidak terbalas dan hal ini akan menurunkan skor performa tokomu. Maka usahakan untuk menutup pembicaraan dengan pembeli.

4. Proses pesanan tidak lebih dari 22 jam

Nah, untuk memproses pesanan untuk konvensional jangan sampai lebih dari 22 jam. Dan untuk logistik instan tidak boleh lebih dari 7 jam. Jika lebih, maka hal ini akan mempengaruhi skor performa toko.

  • Pengiriman menggunakan logistik konvensional seperti yaitu penggiriman menggunakan J&T, JNE, Pos Indonesia, dan sebagainya. Kecepatan proses untuk penyelesaian pesanan dihitung sejak pembayaran sudah terverifikasi hingga dengan resi pengiriman dimasukkan.
  • Pengiriman menggunakan logistik instan seperti Grab dan GO-JEK. Maka kecepatan proses untuk penyelesaian pesanan dihitung sejak pembayaran sudah terverifikasi hingga dengan driver request.

Berikut tips memproses pesanan:

  • Masukkan nomer resi setelah pengiriman untuk mempercepat proses pesanan.
  • Manfaatkan aplikasi Top seller untuk memudahkanmu memasukkan resi. Klik untuk ==> Install Aplikasi Top Seller.
  • Usahakan mengirim seluruh paket dalam satu waktu.
  • Cobalah melakukan pengiriman secara berkala.
  • Untuk pengiriman Anda bisa melakukan setiap 3 jam sekali. Jam operasional toko.
  • Ketika sulit untuk menemukan driver pada pengiriman instan, maka segera klik lagi tombol “request pick up”.
  • Ketika tidak bisa melakukan klik untuk “request pick up”, maka kemungkinan transaksimu teridentifikasi sebagai transaksi yang palsu.
  • Oleh karena itu, maka disarankan kepada pembeli untuk melengkapi keterangan pada setiap transaksinya dengan detail.
  • Pastikan status tokomu tutup. Jika Anda sedang tidak beroperasional.

5. Hindari untuk melakukan pelanggaran seperti pembatalan.

Pastikan mempertahankan layanan toko dengan baik agar meminimalkan adanya penalti. Penalti yang di berikan jika melakukan pelanggaran. Maka Anda haru memperhatikan jumlah poin penalti setiap kasus pelanggaran klik di sini ===> Jumlah poin pinalti.

Tips menghindari poin penalti:

Anda bisa membatalkan pesanan pada saat tidak bisa memenuhinya. Jika membatalkan pesanan sebelum klik “Terima Pesanan”, maka toko tidak terkena penalti. Penalti dikenakan jika membatalkan pesanan setelah menekan “Terima Pesanan”.

  • Ubah status stok “Selalu Tersedia” menjadi “Stok Terbatas” untuk menghindari masuknya pesanan ketika stok hampir habis.
  • Tidak menginput resi pengiriman yang sama pada pesanan lain, karena hal ini dapat dikatakan sebagai pelanggaran.
  • Memahami serta mengikuti seluruh Syarat dan Ketentuan dari Tokopedia.

Cara Perhitungan Skor Performa Toko

Mulai tanggal 24 Juni 2019 cara penghitungan skor Performa Toko diperbarui. Skor Toko yang dihitung dari data kegiatan toko selama 30 hari terakhir. Akan tetapi, jika pembaruan skor toko dilakukan setiap hari Senin pukul 09.00 WIB setiap minggunya.

Misalnya, skor toko pada hari Senin, 1 Juli 2019 adalah 80. Maka skor akan diperbarui pada hari Senin, 8 Juli 2019 pukul 09:00 WIB.

Itulah, Cara Tingkatkan Skor Performa Toko di Tokopedia.

Semoga artikel ini bermanfaat, jangan lupa komen dan share di sosial media Anda. Terima kasih atas kunjungannya.

 

Baca Juga

  • tokopedia
  • cara meningkatkan jumlah klik di tokopedia