Berikut 6 Jenis Acid yang Biasa Digunakan Pada Skin Care

Acid yang biasanya digunakan pada produk perawatan kecantikan. Akan tetapi, perlu diketahui acid mempunyai beberapa macam dan memiliki manfaat untuk kulit. Sebelum membeli atau menggunkan produk perawatan kulit, maka alangkah baiknya kamu mengetahui kandungan apa yang ada didalam produk tersebut.

Jenis Acid, Acid, Skincare
6 Jenis Acid yang Biasa Digunakan Pada Skin Care

Selain itu, kamu juga harus mengetahui jenis acid yang ada pada produk skincare yang mau kamu gunakan atau beli. Beberapa manfaat acid yang bisa dirasakan seperti menyamarkan noda hitam, mencegah penuaan dini hingga dapat membasmi jerawat. Maka dari itu, MocooID membagikan artikel seputar jenis acid dan manfaatnya yang biasanya digunakan pada skincare.

1. Myristic Acid

Mungkin acid yang satu ini masih terdengar sangat asing ditelinga. Myristic Acid ini biasanya ditemukan pada minyak kelapa sawit, minyak kelapa dan biji pala, Acid jenis ini juga biasanya dikenal tetradecanoic acid.

Kadungan pada Myristic ini dapat membersihkan wajah dan juga menyerap minyak yang berlebih secara efektih. Selain itu, manfaatnya juga dapat mengankat kotoran pada kulit. Namun, kamu harus memperhatikan juga kadar pemakaian atau penggunaannya. Supaya kulit tidak menjadi kering.

Advertisement

2. Lactic Acid

Apakah kamu sering mengkomsumsi buah, sayuran dan susu? Ternyata kandungan Lactic Acid ini ada pada sayuran, susu dan buah lho. Nah, kalau kamu sering komsumsi sayuran atau susu maka acid akan berperan dari dalam tubuh.

Sedangkan dari luar, saat kamu menggunakan produk yang menggunakan acid yang satu ini maka kulit akan lebih lembut dan akan terhindar dari irtitasi. Selain itu, Lactic Acid ini juga akan mencerahkan kulit. Dan jika kamu memmiliki kulit yang sensitif maka kandungan yang satu ini terbilang aman untuk kamu gunakan,

3. Salicylic Acid

Nah, kalau jenis acid yang satu ini pasti gak asing lagi terdengar ditelinga. Untuk yang pernah menggunakan produk penghilang jerawat, maka pada bahannya ada jenis acid ini. Salicylic Acid merupakan sakah satu bahan ampuh yang dapat mengatasi jerawa dan menghilangkan bekasnya, karena asam salisilat pada jenis acid ini sangat efektif.

Perlu diketahui, biasanya jerawat timbul dikarenakan wajah berminyak dan tercampur oleh debu maupun kotoran sehingga akan menyumbat pori – pori.

Selain itu, hal ini dapat menjadikan bakteri akan berkembang dan menjadikan wajah berjerawat. Saat wajah kamu berjerawat maka sangat cocok kamu menggunakan produk yang menggunakan Salicylic Acid.

Advertisement

4. Glycolic Acid

Acid yang satu ini dikenal lebih efektif dalam melawan penuaan kulit, karena Glycolic ini mampu mempercepat pergantian sel kulit karena efek eksfoliasi. Dimana eksfoliasi ini mampu mengangkat sel kulit mati, kandungan yang ada pada jenis acid ini juga bermanfaat untuk mencerahkan kulit serta dapat memudarkan noda hitam diwajah.

Nah, jika kamu ingin menggunaka setiap hari, maka kamu bisa memilih produk yang menggunakan
kandungan glycolic acid ini 6 hingga 12 persen didalamnya.

5. Hyaluronic Acid

Kandungan yang ada pada acid yang satu ini sering ditemukan pada produk perawatan anti aging. Namun, apakah tau akan khasiat lainnya dari Hyaluronic Acid (HA). Sebenarnya asam hialuronat atau HA ini berperan sebagai kandungan alami yang akan melembabkan dan menghidrasi kulit.

Kandungan ini juga dapat meredahkan nflamasi dan berfungsi sebagai antioksidan yang dapat melawat radikal bebas. Hyaluronic Acid ini juga mampu menjaga kelembapan kulit lebih lama sehingga kulit akan terbebas dari dehidrasi.

6. Retinoic Acid

Retinoic Acid atau yang juga disebut dengan tretinoin, merupakan turunan dari vitamin A yang biasnya digunakan untuk melawan penuaan kulit.

Advertisement

Cara kerja pada kandungan ini ialah dengan memperbaiki pertumbuhan sel – sel kulit yang baru dan juga dapat memperkuat lapisan didalam kulit. Hiperpigmentasi kulit biasanya bisa disamarkan dengan produk yang menggunakan retinoic acid.

Ada satu hal yang wajib kamu ketahui saat menggunakan produk skincare yang menggunakan kandungan acid yang satu ini. Yaitu, kulit akan mengelupas saat pengunaan awal dan mungkin juga sedikit memerah.

Akan tetapi hak ini wajar, karena kandungannya sudah berkerja untuk regenerasi kulit. Dan juga akan mendoring sel kulit yang mati untuk keluar dan memicu pertumbuhan sel – sel kulit baru.

Nah itulah, Jenis Acid yang Biasanya digunakan pada Skincare